Di Turki sendiri kebab terkenal dengan sebutan shawarm yang banyak disukai masyarakat Turki sehingga menurunkan kepopuleran burger, pizza, atau hot dog. Selain populer di Indonesia, kebab juga populer di seluruh penjuru dunia lainnya. Di berbagai negara di Eropa bahkan sudah banyak pedagang kebab yang beterbaran dan banyak diminati oleh orang-orang. Kebab sendiri adalah jenis makanan dari daging panggang yang ditambahkan sayuran dengan diberikan olesan saus dengan berbalut roti . Rasa yang dimiliki dari kebab terdiri dari aneka rasa gabungan yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, yaitu rasa asin, pedas, gurih, dan asam.
Ketika makanan kebab telah diperkenalkan di Indonesia banyak inovasi yang telah dibuat untuk menjadikan kebab menjadi panganan yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Inovasi tersebut dilakukan dengan mengubah isian kebab, mulai dari daging, sayur, jenis saus maupun jenis roti yang digunakan. Cara membuat kebab sendiri bisa dikatakan tidak rumit tanpa harus memiliki keahlian khusus untuk cara penyajiannya. Hal-hal tersebut yang mendatangkan potensi kebab jadi semakin besar.
Mencoba untuk memulai ataupun mengawali usaha kebab dapat dilakukan untuk siapa saja yang mau melakoninya. Usaha kebab tanpa modal ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan yang menggiurkan bagi ibu rumah tangga, karyawan, pelajar, dan lainnya. Menerjuni bisnis ini dibilang tidak sulit, tanpa membutuhkan keahlian khusus ataupun pengetahun khusus. Jika Anda ingin mencoba usaha kebab namun terkendala modal yang besar jangan khawatir. Usaha kebab tanpa modal ini merupakan jenis usaha yang banyak dilaksanakan dalam bentuk bisnis waralaba. Pebisnis kebab mulai dari bisnis kecil sampai tingkat menengah sangat mudah untuk memulai usaha kebab ini. Dengan sistem bisnis waralaba tentu akan makin mudah untuk memperoleh untung dari usaha kebab tanpa modal tanpa perlu membutuhkan modal yang besar. Usaha waralaba juga memberikan keuntungan tersendiri bagi yang menjalankannya. Tak perlu lagi untuk melakukan promosi yang besar atau memperkenalkan maupun mencari pelanggan kebab. Sehingga bisnis waralaba kebab tentu akan jadi lebih menguntungkan.
Baca juga Potensi dari Bisnis Franchise Minuman Cappucino Cincau yang Menggiurkan
Dalam pemasarannya usaha kebab tanpa modal sendiri dijual dengan berbagai ukuran. Tentu Anda makin dimudahkan dalam hal menjangkau para pelanggan dari semua lapisan masyarakat yang ada. Ukuran kebab bisa disesuaikan dan dihidangkan dengan konsumsi target penjualan Anda. Kebab dengan ukuran kecil tentunya memiliki harga yang lebih bisa dijangkau sehingga masyarakat lapisan bawah akan dengan mudah menikmati serta membelinya. Selain itu bentuk kebab ukuran yang besar dapat Anda targetkan kepada masyarakat lapisan atas karena memang bahannya maupun isiannya lebih banyak hingga harganya juga menjadi mahal. Tentu dengan menyesuaikan isi maupun ukuran dari kebab akan mudah untuk membidik pasar yang ada. Semua lapisan masyarakat akan menjadi lebih mudah menikmati kebab yang Anda buat.
Waktu memakan kebab sendiri bisa kapanpun tanpa harus terpengaruh dengan kondisi lainnya. Ketika cuaca hujan, panas, atau cuaca lainnya, rasa ketika makan kebab masih saja nikmat. Makanan kebab ini juga praktis serta mengenyangkan sehingga kebab banyak ditawarkan dalam berbagai jenis acara yang ada baik acara pernikahan, ulang tahun, pesta, arisan keluarga, reuni, dan acara lainnya. Hal ini juga membuat kebab makin mudah memperoleh omzet penjualan yang tinggi.
Yang terpenting kebab merupakan panganan yang terus mengalami inovasi dengan menyesuaikan trend yang berkembang di masyarakat. Dengan cara pengolahan kebab yang bisa dilakukan dengan cara memberi kreasi dari cita rasa makanan khas Indonesia, kebab menjadi makanan yang mudah diinovasikan. Dengan mengubah jenis isian daging, sayur hingga saus yang digunakan tentu akan lebih mudah untuk disesuaikan. Dengan cara tersebut jika ada pelanggan yang ingin membeli kebab dengan isi tertentu akan menjadi lebih mudah disesuaikan.
Cara Memulai usaha kebab tanpa modal yang Laris
Seperti yang telah dijelaskan di atas, wisata kuliner sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang-orang di tanah air dan selain hidangan asli dari tanah air, kuliner-kuliner dari mancanegara seperti kebab atau burger juga sangat disukai oleh masyarakat kita. Bagi Anda yang berniat untuk memulai bisnis kebab dengan sistem bisnis waralaba, berikut ini adalah tips-tips bagi Anda.
Baca juga Mengulas Peluang Usaha Sosis Sayur
1. Promosi
Salah satu kelebihan sistem waralaba adalah dengan membeli lisensi suatu brand tertentu Anda serta turut membeli konsumen. Ini karena brand yang telah dikenal dan populer di masyarakat pastinya membuat orang-orang tersebut menjadi lebih percaya dan memutuskan memilih produk tersebut daripada merek lain yang kurang dikenal. Untuk menaikkan penjualan, Anda tetap harus melakukan promosi dengan cara mempublikasikan lokasi usaha Anda. Social media dan internet marketing adalah cara paling mudah yang bisa dijadikan pilihan untuk mengiklankan bisnis Anda.
2. Kerjasama yang Baik
Setelah membeli lisensi suatu brand waralaba jangan pernah malu atau ragu untuk bertukar pemikiran dengan franchisor. Kemudian keuntungan dari sistem bisnis waralaba adalah Anda mendapat mentor secara langsung untuk menyukseskan bisnis Anda atau mencarikan solusi bila menemukan suatu masalah.
3. Mengontrol Lokasi
Lokasi booth yang strategis merupakan faktor yang tak boleh dilupakan agar bisnis yang Anda rintis sukses meraih kesuksesan. Oleh karena itu usahakan semaksimal mungkin untuk memilih tempat terbaik yang sesuai dengan segmentasi pasar. Salah satu cara usaha waralaba kebab bisa sukses adalah memilih lokasi yang dijadikan pusat kegiatan anak muda mengingat penikmat makanan ini sebagian besar adalah para anak muda atau dewasa. Wilayah kampus, sekolah, mall, bioskop, atau pusat kegiatan remaja bisa menjadi pilihan yang bagus.
Sumber : https://ramesia.com/usaha-kebab-tanpa-modal/
Peluang Usaha Es Batu Higienis yang Bisa Anda Coba
Siapa yang tidak tahu dengan es batu. Salah satu jalan paling mudah untuk menciptakan minuman dingin adalah dengan es batu. Sehingga pasti hampir kita semua pernah mengonsumsinya.
Es batu sebenarnya hanyalah air yang mengalami pendinginan hingga di bawah nol derajat celicus, sehingga air membeku dan berubah menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya es batu, akan tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.
Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Di bahasa inggris pun kedua es tersebut hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya mempunyai kemiripan fungsi, tetapi cara dan zat pembentukannya berbeda. Es batu dibuat dari air biasa atau H2O yang dibekukan. Sedangkan dry ice atau es kering merupakan karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.
Dengan keberadaan teknologi freezer, penciptaan es batu di zaman ini gampang. Kita tinggal hanya menaruh air di freezer dan membiarkannya hingga beku. Freezer pun pada saat ini bermacam-macam, mulai dari yang berukuran kecil untuk keperluan pribadi, hingga freezer yang besar untuk keperluan industri.
Kebutuhan Pribadi dan Pasar akan Es Batu
Es batu sekarang ini sudah hampir menjadi kebutuhan primer. Baik keperluan bagi individu maupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi pasar atau industri, es batu digunakan untuk menciptakan produk atau menjadi pengawet produk. Misalkan seperti sekedar sebagai pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan yang dikirim dalam kontainer.
Peluang Usaha Es Batu Higienis
Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa ternyata lumayan banyak permintaan es batu di pasaran. Memang, kalau hanya melihat usaha “jual es batu” rumahan yang sering terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bahwa usaha tersebut cukup menghasilkan. Tetapi yang harus kita perlu untuk ketahui adalah usaha es batu higienis tidak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.
Baca juga Modal Awal yang Dibutuhkan untuk Buka Usaha Es Buah
Di restoran atau rumah makan misalkan kita ambil contoh. Rumah makan membutuhkan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Di samping itu restoran juga menggunakan es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum diproses adalah agar ikan tidak busuk.
Selain restoran kita dapat ambil contoh di industri perikanan. Seperti yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Tidak jarang ini menjadi masalah karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Sehingga Ikan harus dijaga supaya tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam wadah tertutup atau box yang mempunyai suhu dingin. Dan salah satu untuk mendinginkan suhu dalam wadah atau box tersebut adalah dengan memberinya es batu.
Sehingga kebutuhan pasar akan es batu tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga harus ada yang mengisi kebutuhan sekaligus peluang usaha es batu higienis ini.
Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es itu ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia bisa mendapat profit sampai lima puluh persen.
Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga menjalani usaha es batu kristal. Ia memproduksi 4 ton es batu kristal per hari. Es batu tersebut dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut ia meraup keuntungan sampai 20%.
Ahmad menyampaikan bahwa pelanggan es batu kristal tak hanya terbatas di rumah makan dan restoran saja. Orderan es batu bisa muncul dari pengadaan event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz bisa memerlukan es batu hingga 10 ton setiap hari.
Dari dua contoh kesuskesan usaha es batu higienis tadi yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa usaha es batu mempunyai peluang keuntungan yang tidak kecil.
Baca juga Cara Membuat Adonan Hiasan Kue Kering
Cara Menjalankan Usaha Es Batu Higienis
Tempat
Biaya yang pertama-tama harus kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun produk es batu ini tak terlalu begitu, tetapi bila kita telah bermain di tingkat “ton-ton-an” tentu harus memiliki tempat yang besarnya mencukupi. Bahkan selain tempat yang mencukupi, kita juga memerlukan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat tidak bersih dapat menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas bisa membuat es tak tahan lama.
Di bangunan itu kita juga akan melaksanakan proses pembuatan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita sudah siapkan. Di samping itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sampai es batu dibawa ke konsumen.
Alat Pembuat Es Batu
Untuk membuat es batu dalam skala besar tentu kita memerlukan alat pembuat es batu atau freezer khusus.
Kita ambil contoh Ahmad di atas. Dia memakai 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es sekaligus instalasinya. Sedangkan tempat seluas 200m2 telah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia peroleh dari Jepang tersebut bisa membuat dua ratus kg es kristal dalam durasi empat jam.
Jika tertarik mesin pembuat es batu yang lebih ekonomis dapat didapatkan di ramesia mesin.
Pengiriman
Kita juga harus mempersiapkan segala yang diperlukan untuk pengiriman, seperti misalnya packing dan kendaraan. Yang patut diperhatikan dari packaging ini adalah kemampuan untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut dilihat dari kendaraan pengiriman adalah bahwa kendaraan tersebut patut bisa menampung dan membawa es hingga kuantitas ton.
No comments:
Post a Comment